Mengenal Kamera Mirrorless Sony dengan Sensor Full Frame

Mengenal Kamera Mirrorless Sony dengan Sensor Full Frame

Sensor Full Frame dibuat khusus untuk profesional, harga kamera dan lensanya tergolong mahal. Untuk sekarang ini banyak vendor pembuat kamera mirrorless memakai sistem kamera dengan sensor APS-C. Sampai saat ini baru Sony yang membuat kamera tanpa cermin dalam dua format. Format APS-C yang mampu ditemui pada A6000 series atau di bawahnya yang cocok untuk kebutuhan hobi dan semi pro. dan, full frame yang ada pada A7 dan A9 series untuk professional.

Untuk kelebihan kamera full frame terletak pada ukuran sensor yang lebih besar dibanding APS-C. Hal itu berdampak pada hasil foto umumnya lebih baik, dan memiliki jangkauan fokal lensa yang lebih lebar. Akan tetapi harga perangkat kamera full frame dan lensa-lensa FE dari Sony terbilang cukup mahal. Di artikel sebelumnya sudah membahas kamera mirrorless Sony dengan sensor APS-C, nah kali ini mari kita lanjutkan mengulas kamera mirrorless Sony dengan sensor full frame.

  1. Sony Alpha A7 Series
  2. Sony Alpha A7

Sony Alpha A7 Series

 

Perusahaan Sony meluncurkan kamera full frame yang pertama yaitu Alpha A7 generasi ke 1 pada tahun 2013. Terdapat 3 jenis dengan kemampuan yang berbeda. Yang pertama  Alpha A7 dengan sensor CMOS 24,3-megapixel yang pas untuk foto dan video. sekarang harganya semakin murah, A7 dengan paket lensa FE 50mm f/1.8 dibandrol dengan harga Rp13 juta.

 

  1. Sony Alpha A7R

Sony Alpha A7R

 

Dan yang kedua Alpha A7R dilengkapi dengan sensor CMOS beresolusi tinggi 36,4 megapixel, kamera ini dibuat khusus untuk fotografer yang sudah profesional. Untuk harganya dibandrol 20 jutaan.

 

  1. Sony Alpha A7S

Sony Alpha A7S

 

Dan yang ketiga Alpha A7S dengan sensor CMOS 12,2-megapixel dilengkapi dengan sensitivitas ultra tinggi hingga ISO 409.600. Kamera ini sangat professional dalam  mengambil foto dan video di kondisi low light. Harganya sekitar 24 juta.

 

  1. Sony Alpha A7 II Series
  2. Sony Alpha A7 II

Sony Alpha A7 II Series

 

Sony Alpha A7 II Series juga meluncurkan tiga jenis. Mulai dari Alpha A7 II, kamera full frame pertama dengan fitur peredam getar 5-axis stabilisator gambar dan autofocus lebih cepat dibanding sebelumnya. Sensor gambar yang dipakai masih sama, CMOS 24,3-megapixel. Untuk harga A7 II 18 juta.

 

  1. Sony-Alpha-A7R-II

Sony-Alpha-A7R-II

 

selanjutnya Alpha A7R II, dilengkapi resolusi lebih tinggi yakni sensor BSI-CMOS 42,4-megapixel yang tentunya bisa menghasilkan foto sangat tajam karena tidak ada low pass filter. Untuk harga A7R II body only dibandrol sekitar 30 juta.

 

  1. Sony-Alpha-A7S-II

Sony-Alpha-A7S-II

 

Dan yang ketiga Alpha A7S II, kamera ini dibuat khusus untuk videografer profesional. Bisa merekam video 4K dalam format full frame dalam keadaan gelap sekalipun.untuk harganya dibandrol sekitar 40 jutaan.

 

  1. Sony Alpha A7 III Series
  2. Sony-Alpha-A7-III

Sony Alpha A7 III Series

Untuk Alpha A7 series generasi ke-3 atau yang terbaru, akan muncul Alpha A7 III dan A7R III. Sedangkan  untuk A7S III masih belum dikeluarkan, akan tetapi rumornya akan dirilis tahun ini. Alpha A7 III tentu membawa banyak perkembangan, namun yang baru yaitu dual slot SD dan daya tahan baterai yang lebih lama sampai 700 jepretan. Untuk sensor gambarnya masih sama. Untuk harga A7 III untuk body only sekitar 28 jutaan.

 

  1. Sony-Alpha-A7R-III

Sony-Alpha-A7R-III

 

Pindah ke Alpha A7R III, kamera ini masih memakai sensor gambar seperti sebelumnya, CMOS 42,4-megapixel. Akan tetapi dengan pemrosesan gambar LSI dan BIONZ X yang lebih cepat. Harga A7R III di bandrol 45 juta.